Sabtu, 29 Maret 2014

Tugas BI 2

Banjir Yang Melanda Jakarta

Pengertian banjir itu sendiri adalah dimana suatu daerah dalam keadaan tergenang oleh air yang di sebabka hujan terus menerus atau mendapat kiriman air dalam jumlah yang begitu besar. Sedangkan banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba yang disebabkan oleh karena tersumbatnya aliran sungai maupun karena pengundulan hutan disepanjang sungai sehingga merusak rumah-rumah penduduk dan dapat mengakibatkan korban jiwa.
Musibah  banjir hampir setiap musim penghujan melanda Indonesia. Khususnya daerah Jakarta dan sekitarnya. Berdasarkan nilai kerugian dan frekuensi kejadian bencana banjir terlihat adanya peningkatan yang cukup signifikan. Kejadian bencana banjir tersebut sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor alam yaitu berupa curah hujan yang diatas normal dan adanya pasang naik air laut. Disamping itu faktor ulah manusia juga berperan penting seperti penggunaan lahan yang tidak tepat seperti pemukiman di daerah bantaran sungai, di daerah resapan, penebangan pohon sembrangan,pembuangan sampah ke dalam sungai, pembangunan pemukiman di daerah dataran banjir dan sebagainya.

Ada beberapa yang menjadi penyebab banjir :
1.       Curah hujan tinggi
2.       Permukaan tanah lebih rendah dibandingkan muka air laut.
3.       Terletak pada suatu cekungan yang dikelilingi perbukitan dengan pengaliran air keiuar sempit.
4.       Banyak  pemukiman yang dibangun pada dataran sepanjang sungai.
5.       Aliran sungai tidak lancar akibat banyaknya sampah serta bangunan di pinggir sungai.
6.       Kurangnya tutupan lahan di daerah hulu sungai. 
7.       Penebangan liar yang tidak mementingkan aturan.


Dengan kurang sadarnya masyarakat akan pentingnya daerah resapan air tersebut,banjir yang setiap tahun terus melanda daerah-daerah ini,terutama daerah ibukota akan terus terjadi dan sangat merugikan masyarakat itu srndiri dan juga pemerintah.

Ada pula beberapa tindakan-tindakan yang bisa di lakukan untuk mengurangi dampak Banjir,yaitu :   
1.       Penataan daerah aliran sungai secara terpadu dan sesuai fungsi lahan.
2.       Pembangunan sistem pemantauan dan peringatan dini pada bagian sungai yang sering menimbulkan                banjir.
3.       Tidak membangun rumah dan pemukiman di bantaran sungai serta daerah banjir.
4.       Tidak membuang sampah ke dalam sungai.
5.       Mengadakan Program Pengerukan sungai.
6.       Pemasangan pompa untuk daerah yang lebih rendah dari permukaan laut.
7.       Program penghijauan daerah hulu sungai harus selalu dilaksanakan serta mengurangi aktifitas di bagian            sungai rawan banjir.


Bila daerah sudah di landa banjir ,ada beberapa tindakan yang harus dilakukan saat banjir,yaitu : 
1.       Matikan aliran listrik di dalam rumah atau hubungi PLN untuk mematikan aliran listrik di wilayah yang terkena bencana,
2.       Mengungsi ke daerah aman sedini mungkin saat genangan air masih memungkinkan untuk diseberangi.
3.       Hindari berjalan di dekat saluran air untuk menghindari terseret arus banjir. Segera mengamankan barang-barang berharga ketempat yang  lebih tinggi.
4.       Jika air terus meninggi hubungi instansi yang  terkait dengan penanggulangan bencana  seperti Kantor Kepala Desa, Lurah ataupun Camat.

Pentingya daerah-daerah aliran air yang bisa mencegah terjadinya banjir masih belum dapat di terapkan oleh pemerintah kita,kurangnya kesadaran masyarakat juga menjadi salah satu penyebabnya.yang di perlukan untuk mencegah terjadinya banjir yaitu dengan cara membuat saluran drainase,saluran drainase memiliki peran penting sebagai jalan bagi air untuk sampai ke laut yang merupakan tujuan sungai dri air mengalir.volume saluran drainase khususnya daerah hilir di sana sini mengalami penyusutan yang di sebabkan oleh ukuran lebarnya berkurang,terjadinya pengeendapan dan masih berkembangnya perilaku masyarakat membuang sampah di sungai.


Kritik/Saran :
Menurut saya  musibah banjir  datang karena ulah manusia itu sendiri yang menyebabkan banjir yang terus melanda,terutama daerah ibukota yang bnyak masyarakatnya kurang sadar akan menjaga lingkungannya, seperti membuang sampah tidak pada tempatnya yang mengakibatkan sampah-sampah menyumbat selokan-selokan yang ada dan membuat air menjadi meluap dimana-mana,menebang pohon secara masal yang mengakibatkan air tidak dapat diserap oleh pohon secara maksimal dan hal ini sering sekali menyebabkan tanah longsor , atau juga dapat dikarenakan sistem drainase yang tidak sempurna  di Jakarta karena sampah yang menumpuk di pintu-pintu air.
Maka dari itu  sudah saatnya kita sendiri yang harus memperhatikan lingkungan sekitar. semenjak di bangun Banjir Kanal Timur dan Banjir Kanal Barat seharusnya daerah aliran air di Jakarta bisa sedikit mengatasi volume air yang berlebihan  jika proses yang dilakukan berjalan lancar. Dan sudah saatnya kita sebagai warga harus peduli dengan lingkungan kita sendiri dan membuat mejadi lebih baik.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar